Sabtu, 30 Mei 2009

Lihat Pameran Batik di Museum Tekstil Yuk...


Koleksi di Museum Tekstil, Jakarta.



Jakarta akan menggelar pameran batik Betawi, 28 hingga 29 Juni 2009, dalam rangka memeriahkan HUT ke-482 Kota Jakarta. "Pameran ini merupakan rangkaian dari berbagai pameran yang
kita programkan pada 2009," kata Kepala Museum Tekstil H Indra Riawan, Kamis (28/5).

Dia mengatakan berbagai kegiatan akan digelar pada pameran tersebut, yakni lomba membuat kain hantaran penganten, seminar perkembangan batik, dan workshop membuat batik Betawi yang diikuti para pelajar, pada 28 Juni.
Sedangkan pada acara puncak, 29 Juni, digelar peragaan busana adat, bazar, dan festival kuliner Betawi.

"Acara ini kita laksanakan di Museum Tekstil, Jl.KS Tubun No 2-4, Petamburan, Jakarta Barat, bekerjasama dengan wastraprema, dan male astaroka, yayasan yang peduli dengan kain-kain adat," katanya. Indra mengatakan kegiatan tersebut selain memeriahkan HUT Kota Jakarta, juga untuk menginformasikan k epada masyarakat sejauh mana pelestarian batik, dan seni budaya Betawi.

"Ini bagian dari peran Museum Tekstil, sebagai cagar budaya yang secara khusus mengumpulkan, mengawetkan, serta memamerkan karya-karya seni yang berkaitan dengan pertekstilan Indonesia," katanya. Direncanakan pameran tersebut bakal dibuka Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

Dia menyebutkan, saat ini di Museum Tekstil sudah menyimpan berbagai koleksi kain batik khas Betawi, yang merupakan sumbangan Yayasan Sirih Nanas pimpinan Hj Emma Agus Risri. "Emma Agus pada 8 Januari 2009 telah menyumbangkan kepada museum ini busana, kain batik, dan perlengkapan tempat sirih Betawi," kata Indra.

Dia mengatakan masing-masing suku budaya di Indonesia memiliki kekhasan motif batik. Batik Betawi dipengaruhi simbol-simbol seperti ondel-ondel, daun kelapa yang merupakan simbol upacara adat Betawi. "Simbol-simbol itu dituangkan dalam motif batik,"kata Indra.

Kegiatan lain yang digelar Museum Tekstil pada 2009 adalah, Pameran Batik Kimono, yang merupakan hasil kolaborasi kimono Jepang dan batik Jawa.
"Kegiatan ini kita selenggarakan bekerjasama dengan negara Jepang, pada Oktober 2009," kata Indra.

Kemudian, pada 26 Agustus hingga 1 September 2009, digelar pameran batik Indonesia, di Jakarta Convetion Center. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Museum Tekstil dengan Yayasan Batik Indonesia.

Ditanya pameran ke luar negeri, Indra mengatakan, pada bulan lalu, Museum Batik melakukan pameran di Swedia. "Di sana kita menggelar paket pembuatan batik, kepada anak-anak dan orang dewasa. Alhamdulillah, warga Swedia sangat antusias dengan kegiatan ini," katanya.

Di museum tekstil saat ini terdapat sebanyak 1.872 koleksi yang terdiri dari 704 koleksi batik, 807 koleksi tenun, dan koleksi campuran berupa 184 peralatan, 31 busana tekstil kontemporer serta 146 koleksi lama.

sumber:

http://megapolitan.kompas.com/read/xml/2009/05/29/03400353/lihat.pameran.batik.di.museum.tekstil.yuk...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar