Sabtu, 30 Mei 2009

Rahasia Dibalik Gangguan Tidur Anda


Penulis : Ikarowina Tarigan


Rahasia Dibalik Gangguan Tidur Anda

tmasc.ca

ANDA merasa tidak cukup tidur? Banyak orang merasakan hal yang sama. Untuk mengatasi masalah sulit tidur, Anda juga perlu memahami kebenaran ilmiah mengenai penyebabnya. Dengan memahaminya, tentu Anda bisa menghindari hal-hal penyebab sulit tidur yang mungkin selama ini Anda lakukan tanpa sadar. Berikut beberapa fakta seputar masalah tidur yang bisa membantu Anda mengatasi kesulitan tidur.

1. Mandi sebelum jam tidur

Mungkin Anda sudah pernah dengar kalau mandi air panas sebelum tidur bisa mengatasi masalah tidur, tapi tahukah Anda cara kerjanya? Suhu tubuh normal sekitar 37.4 derajat celsius. Mungkin Anda berpikir kalau menaikkan suhu tubuh dengan cara mandi air hangat bisa mengundang rasa ngantuk. Pada faktanya, proses penurunan suhu setelah keluar dari air panas yang membuat Anda mengantuk. Penelitian baru-baru ini menemukan, penurunan suhu tubuh merupakan faktor pemicu rasa ngantuk. Jadi, jika Anda mengalami masalah kesulitan tidur, cobalah mandi air hangat sekitar 1 jam sebelum tidur.

2. Insomnia

Jumlah penderita insomnia terus bertambah. Sekali tubuh telah mengikuti pola tidur yang salah ini, maka akan sulit untuk mengubahnya. Jika Anda menderita insomnia, cobalah mengatasinya secara perlahan dengan melakukan Sleep restriction therapy. Dalam terapi ini, jumlah waktu Anda di tempat tidur akan dibatasi, tidak perduli apakah Anda mengantuk atau tidak. Kuncinya, Anda akan berada di tempat tidur hanya untuk tidur dan selalu bangun pada jam yang sama setiap hari.

3. Seni tidur ayam

Tidur sebentar atau tidur ayam merupakan cara yang baik meningkatkan jumlah energi. Tentu saja sepanjang Anda mengikuti peraturan kapan waktunya dan berapa lama. Tidur ayam ini akan lebih efektif jika dilakukan di siang hari antara jam 2 dan jam 5. Durasi maksimalnya adalah 30 menit. Tubuh Anda secara alami akan berusaha untuk tidur sebentar antara jam 7 dan 12 di pagi hari dan antara jam 6 dan 8 di sore hari.

4. Cara berhenti mengorok

Mengorok dikaitkan juga dengan kondisi kesehatan yang lebih serius. Selain itu, mengorok tidak hanya akan mempengaruhi tidur itu sendiri tetapi bisa juga berdampak negatif terhadap hubungan Anda. Apa penyebab mengorok sebenarnya? Selama tidur, otot-otot yang mengontrol saluran pernapasan akan relaks, sehingga saluran pernapasan menyempit. Sebagai akibatnya, saat bernapas, jaringan-jaringan lembut di mulut, hidung dan tenggorokan akan bergetar. Itulah yang kita dengar sebagai bunyi dengkuran.

Untuk mengatasi ini, Anda bisa mencoba sejumlah obat-obatan yang tersedia di toko obat. Strip pelembab (moistening strips) yang didisain untuk mengurangi vibrasi jaringan-jaringan lembut ini, juga bisa menjadi pilihan Anda. Akan tetapi, pengobatan tersebut bukanlah pengobatan yang dijamin kesembuhannya. Jika masalah mendengkur Anda semakin serius, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

5. Jangan kacaukan siklus tidur Anda

Tidur nyenyak biasanya merupakan indikasi kalau tubuh sudah melalui 5 tahapan tidur, yang bergabung bersama membentuk siklus tidur. Tahap pertama, Anda akan merasa mengantuk. Tahap kedua Anda akan jatuh tertidur. Tahap ketiga dan keempat menandakan kalau Anda tidur lelap. Tahap terakhir dikenal dengan REM yang ditandai dengan gerakan mata cepat (Rapid Eye Movement), indikasi kalau Anda sedang bermimpi. Agar bisa dikatakan tidur nyenyak, Anda perlu melalui 4-6 siklus tidur dalam satu malam. Jika kurang, maka akan merugikan penampilan saat Anda bangun. Cara terbaik untuk memastikan kalau Anda mendapatkan paduan tahapan tidur yang benar adalah dengan menghindari kafein dan alkohol sebelum tidur. Kafein dan alkohol bisa mengganggu pola tidur alami. Selain itu, pastikan juga kalu Anda tidur selama 7-9 jam/malam.

sumber:
http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/05/28/1219/5/Rahasia-Dibalik-Gangguan-Tidur-Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar